Training

Follow Us at ...

Chart untuk Data IHSG

Pendahuluan

Pada artikel sebelumnya kita melihat bagaimana Kettle dapat mengambil data IHSG dan menyimpannya di database yang kita inginkan.

Menyambung artikel tersebut, kali ini kita akan mengambil dan menampilkan data IHSG dalam bentuk chart. Contoh berikut akan mengambil data IHSG hanya dari tahun 2009 dan ditampilkan dalam bentuk line chart.

Langkah Penerapan Contoh

  1. Jalankan Pentaho Report Designer 
  2. Buat dokumen report baru
  3. Tambahkan satu data source dan query untuk mengambil data IHSG, contoh query untuk MySQL adalah sebagai berikut. Perhatikan bahwa saya membuat satu kolom "month_year_lable" yang berfungsi sebagai series label.

    IHSG Query - MySQL

    SELECT
         year(`ihsg`.`Date`)as tahun,
         month(`ihsg`.`Date`)as bulan,
         day(`ihsg`.`Date`)as hari,
         date_format(`ihsg`.`Date`,"%Y-%m") as month_year_lable,
         `ihsg`.`Open`,
         `ihsg`.`High`,
         `ihsg`.`Low`,
         `ihsg`.`Close`,
         `ihsg`.`Volume`,
         `ihsg`.`Adj_Close`
    FROM
         `ihsg`
    WHERE
         year(`ihsg`.`Date`) = 2009
    order by `ihsg`.`Date`



  4. Rancang report untuk IHSG sehingga tampak seperti pada gambar berikut :



  5. Buka dialog Chart dengan meng-klik 2 kali (double click) pada chart tersebut. Masukkan konfigurasi seperti tampak pada gambar berikut ini. Klik tombol "Apply" setelah selesai.



  6. Klik tab "Preview". Akan tampak tampilan chart dengan monthly series untuk tahun 2009 tampil dengan warna yang berbeda-beda.



  7. Selesai

Kelemahan Contoh

Data IHSG yang diambil adalah data yg sebenarnya sesuai tanggal perdagangan. Hari Minggu dan libur otomatis tidak ada data. Apa pengaruhnya ke chart ?

Jika kita lihat chart di atas maka agak aneh.... tidak dimulai dari tanggal 1 dan garis chart-nya putus-putus !!

Walaupun saya sudah mengurutkan berdasarkan tanggal, tapi karena sifat dari chart dan data yang "bolong-bolong" maka chart tidak smooth. Untuk itu sebenarnya pada saat pengambilan data kita bisa melakukan treatment / conforming untuk tanggal2 yang bolong untuk kepentingan chart ini.

Contoh chart yang underlying datanya sudah dilakukan conforming tampak seperti pada gambar berikut (klik untuk memperbesar).


Langkah Berikutnya ?

Setelah laporan ini selesai, kita akan mem-publish report ini ke BI Server kita dan melakukan treatment lebih lanjut. Contohnya terdapat parameter yang bisa kita masukkan untuk melihat plot data di tahun yang berbeda.

Nantikan artikel yang akan menunjukkan hal tersebut dan akan penulis umumkan di milis Pentaho-ID.

Comments