Table Input : Parameter (Row Based)

Pendahuluan

Table Input mungkin adalah step yang paling banyak digunakan pada saat kita bekerja dengan database relasional / RDBMS seperti Oracle, MS SQL Server, MySQL, Postgresql, dll.

Dengan menggunakan step ini kita bisa menyisipkan statement lengkap select dari SQL sesuai dialek dari produk database masing-masing. Hal ini tentunya menjadi keunggulan sendiri buat kita yang sangat terbiasa dengan fungsi-fungsi SQL ketimbang kita menggunakan step-step Kettle untuk mengolah row data.

Namun ada fitur lain dari step ini yang melengkapi fleksibilitasnya dalam pengambilan data, yaitu penggunaan parameter dan variable untuk sebagian atau seluruh statement SQL.

Artikel ini akan menunjukkan fitur penggunaan parameter untuk menyaring data berdasarkan row data dari step sebelumnya. Untuk penggunaan variable akan dilanjutkan di artikel lain.

Tanda '?'

Untuk menggunakan parameter maka kita menggunakan simbol tanda tanya (?). Simbol ini memiliki arti khusus di step Table Input yang digunakan sebagai pengganti nilai / parameter. Nilai dari parameter ini diambil dari step sebelumnya.

Sebagai contoh, jika kita ingin mengambil data tabel ms_produk dari database PHI_Minimart dengan filter dari kode_produk maka penulisan statement SQL-nya kira-kira seperti berikut ini :

Select * from ms_produk where kode_produk = '?'

Jumlah parameter juga harus disesuaikan dengan jumlah kolom dari row yang datang. Jika jumlah parameternya 3 maka pastikan juga jumlah kolom dari data / row yang datang juga 3.

Contoh Penggunaan

Comments